Komisi VIII DPR RI Dukung Transformasi  IAIN Cirebon Menjadi Universitas Islam Siber 

Kilasriau.com, CIREBON- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon - Jawa Barat (Jabar), kini menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI). Bahkan telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru pada Semester Gasal Tahun Akademik (t.a.) 2021/2022. 

Sebagai piloting, Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Cirebon yang telah memperoleh Akreditasi Unggul. Gelombang pertama, menerima 500 mahasiswa perdana PJJ PAI. Mereka para guru agama dari berbagai daerah di Indonesia yang pendidikannya belum Starata 1 (S1). 

Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendukung transformasi (perubahan) itu. Rombongan anggota dewan menyampaikannya saat kunjungan kerja ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangkaian pengawasan dan pengelolaan pendidikan. 

Politisi Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan Jawa Barat (dapil Jabar) - Selly Andriany Gantina, A.Md. yang memimpin rombongan berharap transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UISSI, menjadi terobosan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. 

"Mudah-mudahan apa yang dinginkan Gus Menteri (maksudnya Menteri Agama RI - Yaqut Cholil Qoumas, red.) dan civitas akademisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat segera terwujud dengan transformasi menjadi Universitas Islam Negeri dan Siber Islamic university. Kami mendukung semua kebijakan Kementerian Agama dalam memajukan pendidikan di Indonesia," tukas Selly Andriany Gantina menegaskan pada pertemuan bersama Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag. dan civitas akademika, Kamis 9 Shofar 1443 (16 September 2021) sebagaimana informasi dari humas Kemenag RI.

Jabar dengan penduduk terbanyak, pesantren dan madrasah yang juga banyak, sebut Selly sudah saatnya di Jabar memiliki dua universitas Islam negeri. Dia berjanji terus mengawal transformasi itu.

Hadir dalam pertemuan Kepala Kantor Wilayah Kemneterian Agama (Kakanwil Kemenag) Jabar – Dr. H. Adib, M.Ag. , Kakankemenag Kota Cirebon – Dr. H. Moh Ahsan, M.Ag. , dan Tim Taskforce Cyber Islamic University UISSI Kemenag RI.






Tulis Komentar